Coretan

Mushola Termegah di Dunia ada di Indonesia

0

Sebagai agama dengan ummat terbanyak, sudah barang tentu banyak bangunan-bangunan didirikan oleh ummat Islam yang khusus untuk beribadah. Masjid, mushola, surau banyak bertebaran di seluruh pelosok muka bumi ini. Ngomong-ngomong apa beda antara masjid, mushola dan surau? Biasanya Masjid berukuran besar dan luas, terdiri dari serambi (bagian depan, untuk kegiatan mengaji, pertemuan) serta bangunan utama tempat untuk mendirikan sholat. Mushola berukuran lebih kecil dan hanya terdiri dari satu bangunan utama. Perbedaan utama diantara masjid dan mushola adalah, masjid selain digunakan untuk sholat 5 waktu dalam sehari juga digunakan untuk kegiatan sholat Jum’at. Sedang mushola tidak digunakan untuk sholat Jumat. Lalu apa pula surau itu? IMHO, Surau adalah tempat sholat yang secara ukuran mirip mushola, tetapi letaknya ada di sawah, pinggiran sungai. Surau didirikan untuk memfasilitasi para petani yang akan mendirikan sholat. Daripada pulang kejauhan dan ketinggalan waktu sholat akhirnya dibuatlah surau. Eh, kalo ada yang salah tolong dikoreksi ya :)

Nah, suatu ketika dalam pengembaraan menyusuri bumi Jawa, saya menjumpai sebuah mushola yang sangat keren. Mushola ini ada pinggir jalan raya utama – jalan provinsi – Jogja Solo, tepatnya di daerah Wedi, Kabupaten Klaten. Bangunannya sederhana saja, kira-kira berukuran 4 x 5 meter, tidak ada yang istimewa di dalamnya. Hanya berlapis karpet biasa, dan terdapat rak sebagai tempat menaruh mukena, sajadah, serta sarung.

Yang membuat saya takjub adalah halaman dari mushola ini. Begitu luas, cukup untuk parkir puluhan mobil! Rapi tertata, pohon palem berdiri indah menambah sejuk halaman yang banyak dihiasi rumput jepang. Selain itu, di halaman luar mushola juga terdapat 5 alat modern untuk mengisi bahan bakar! Bayangkan, sebuah mushola kecil mempunyai 5 alat pengisi bahan bakar seperti Premium, Solar, Pertamax. Bahkan antara kendaraan roda 4 dan roda 2 dipisah tempatnya. Tidak hanya itu, mushola ini juga mempunyai minimarket yang menjual barang kebutuhan sehari-hari. Tak ubahnya seperti Alfamart atau Indomaret. Saya pikir ini gila, kalo begini takmir atau pengurus mushola tak perlu khawatir akan kekurangan kas mushola guna perawatan sehari-hari. Perjalanan kali ini benar-benar berkesan, belum pernah saya melihat mushola begitu megahnya seperti ini….

Salam dari Inyonge

Leave Your Comment

Your Name*
Your Webpage

Your Comment*